Cilacap – Dalam rangka upaya memajukan teknologi dan digitalisasi di daerah, anggota Komisi A  DPRD Kabupaten Cilacap melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinkominfo Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti pada Senin (26/12/22), bertempat di ruang podcast dan media center Dinkominfo Purbalingga.

DPRD Kabupaten Cilacap Kunjungi Dinkominfo Purbalingga, Sharing Informasi Pengembangan Digitalisasi di Daerah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Purwati mengatakan maksud dan tujuan adanya kunjungan kerja tersebut adalah untuk bertukar informasi terkait upaya pengembangan digitalisasi di daerah, khususnya wilayah pedesaan.

“Kami ingin sharing informasi terkait ketersediaan internet dan pengembangan kapasitas untuk wilayah pedesaan. Mengingat, di Kabupaten Cilacap sendiri terdapat 269 desa dan 15 kelurahan,” ujar Purwati.

Dalam paparan kunjungan kerja tersebut, Kepala Bidang Informatika, Baryati menjelaskan terkait internet desa termasuk dalam pengelolaan program aplikasi dan informatika .

“Kami melakukan fasilitasi berupa 3 hal. Pertama penyediaan nama domain website desa dan hosting, lalu pembuatan aplikasi, kemudian yang ketiga adalah peningkatan kapasitas,” ujar Ibar.

Saat ini kami (Dinkominfo) memfasilitasi pengelolaan website pemerintah desa, lanjut Ibar, dan semuanya gratis. Kemudian fasilitas yang kami berikan untuk pemerintah desa adalah aplikasi sistem informasi desa yang digunakan pemerintah desa untuk pelayanan administrasi kepada masyarakat.

“Saat ini untuk sistem informasi desa (SID) sudah mencakup sejumlah 224 desa yang terfasilitasi. Ketersediaan akses internet di wilayah desa di Kabupaten Purbalingga sudah tersedia sejauh 65%. Sedangkan untuk beberapa titik blind spot, kami mendapatkan fasilitas jaringan internet dari Kementerian Kominfo berupa program Bhakti untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar),“ terangnya.

Sebagai tambahan informasi, lanjutnya, Purbalingga juga memiliki salah satu pelopor digitalisasi desa yaitu Kampung Marketer. “Terdapat 1300 anak muda Purbalingga yang setiap harinya memanfaatkan teknologi untuk aktifitas digital marketing,” pungkasnya.