Cilacap –  Dengan pengawasan dan pembinaan yang baik dari pemerintah daerah Kabupaten Cilacap, sudah selayaknya Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) bisa maju dan sejahtera. Satlinmas merupakan bagian tak terpisahkan dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Peninjauan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap terkait Pemberdayaan Satlinmas di Desa. Kegiatan tersebut disambut oleh Kades Karangjati Suratno di Aula Balai Desa Karangjati Kecamatan Sampang. Jum’at(24/3/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi A Taufik Urrokhman, dan beberapa anggota Komisi A antara lain yaitu Ismail Alhamidi, Minto, Sawino, Harun, Christina, Wiwik Yuning Prapti, Sriyani, didampingi Kabid Satpol PP Eman, Kades Karangjati serta jajarannya dan anggota Linmas.

Kesejahteraan anggota Satlinmas akan lebih ditingkatkan. Suratno menjelaskan, setiap bulan sekali satinmas mengadakan pertemuan, tempatnya digilir dari masing-masing anggota satinmas. Kegiatan tersebut bertujuan agar anggota Linmas dapat saling berkoordinasi terkait tupoksinya. Dia mengungkapkan kesulitannya untuk mencari pengganti atau anggota satinmas. “ Ada yang mau saja, saya sudah bangga pak, karena sangat susah sekali mencari anggota Linmas,” ungkapnya.

Taufik Urrokhman, merasa terpancing perhatiannya setelah mendengar keluh kesah yang diungkapkan Kades Karangjati. Pihaknya akan berupaya untuk mencarikan solusi lain, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan satlinmas agar menjadi lebih baik.

Dalam pembinaannya Kepala Bidang Linmas Eman menjelaskan terkait Linmas. “ Bahwa ada peraturan baru terkait Linmas, yaitu disahkannya Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, dan dilaksanakan pada tahun 2021. Pada aturan ini ada beberapa aturan diantaranya, bahwa organisasi satlinmas sudah tidak ada komandan pleton (danton) linmas, yang ada sekarang Kepala Satlinmas Desa yang dijabat oleh Kepala Desa. Dengan adanya Kepala Desa sebagai Pembina diharapkan perhatian kepada satlinmas akan bertambah. Baik terkait prasarana, maupun kesejahteraannya,” jelasnya.

Setelah pembinaan yang disampaikan Kabid Satpol PP, acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Ke depan, diharapkan ada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan satlinmas. Peningkatan kesadaran ini nantinya akan mendorong pemberdayaan masyarakat untuk mencintai profesi satlinmas sebagai suatu profesi yang mulia.