CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mengadakan Kontes dan Expo Ternak Cilacap tahun 2023 dengan tema “Ternak Berkualitas Masyarakat Bergas”, acara diikuti 151 hewan ternak yang terdiri dari sapi, kambing dan domba di wilayah Kabupaten Cilacap. Acara dilaksanakan di Lapangan Sunan Kalijaga, Kuripan Kidul, Kesugihan, Cilacap. Sabtu(23/9/23).

Dewan juri dalam kontes ini terdiri dari perwakilan akademisi Universitas Jenderal Soedirman, Dinas Pertanian dan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI). Peserta kontes hewan ternak terdiri dari sapi 47 ekor, kambing 58 ekor, serta domba 46 ekor. Para peserta memperebutkan juara 1, 2 dan 3 dengan hadiah total 36 juta rupiah.

Dalam Sambutannya Ketua DPRD berharap agar Kontes dan Expo Ternak ini bisa dijadikan Kalender Tahunan dengan Melibatkan Stakeholder lainnya , Disamping itu bisa juga Untuk menjadi  Kebanggaan para Peternak atau bisa untuk Expo atau Pameran sehingga nanti tidak hanya warga Cilacap yang datang bahkan Warga diluar Cilacap juga bisa datang

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat mengapresiasi diadakannya Kontes dan Expo Ternak Cilacap ini, ia berharap kontes seperti ini dapat menjadi ukuran ternak-ternak Cilacap yang berkualitas.

“Dari Kontes dan expo ternak ini harapannya dapat menjadi ukuran bahwa peternak kita bisa menghadirkan kualitasnya, pamer kepada dunia, kepada masyarakat Kabupaten Cilacap bahwa di cilacap banyak peternak profesional, banyak peternak yang berkualitas, hewannya sehat biar masyarakatnya bergas,” jelasnya.

Taufik juga menyarankan agar segera dibentuk Surat Keputusan (SK) terkait penyebaran wilayah yang cocok untuk peternakan berdasarkan jenisnya.

“Tolong dibuatkan juga SK, wilayah mana di Kabupaten Cilacap yang cocok untuk memelihara ternak jenis unggas, mana jenis sapi, kambing dan lainnya karena lingkungan, ph tanah yang berbeda jadi harus ditentukan wilayah mana yang cocok untuk hewan ternak tertentu,” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Susilan selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan Kontes Ternak tahun ini dibagi kedalam tiga kategori, yakni sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) jenis Simental atau Limosin, kambing Jawa Randu dan domba ekor silangan.

Kontes dan Expo Ternak Cilacap tahun 2023 ini digelar dalam rangka Perayaan Hari Rabies Sedunia dan Bulan Bakti Peternakan. Selain Kontes Ternak, perhelatan ini juga diisi dengan Lomba mewarnai siswa Paud dan TK di Kesugihan, penyerahan penghargaan Koordinator Penyuluh Pertanian terbaik, Pencatatan pendataan terbaik, Vaksinasi rabies massal untuk Anjing, Kucing dan HPR lainnya dengan target 500 hewan dan pameran ternak serta stand dari beberapa komunitas ternak, reptil dan yang lainnya. Sebelum selesai Acara, dilakukan pemberian hadiah kepada Anak-anak peserta lomba mewarnai dan lomba-lomba lainnya dari Panitia Kontes dan Expo Ternak.