Cilacap – Dalam rangka kegiatan Peninjauan Kerja (PK) Komisi C DPRD Kabupaten Cilacap. Dihadiri Taufik Nurhidayat Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Ketua Komisi C, Edi Purwanto, Wakil Ketua Komisi C Cahyo Sasongko, dan beberapa anggota Komisi C, diantaranya Sri Satini Al Nyai, Sumaryadi, Aris Darmawan, Yayan Rusyawan Effendi, Imam Fauzi. Hadir dalam acara tersebut Kepala UPT PUPR Cimanggu dan jajarannya, Kades Karangreja, Kades Mandala, serta tokoh dari warga Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu. . Rabu(28-12-2022).

          Peninjauan Kerja Ketua DPRD bersama Komisi C DPRD Cilacap, meninjau lokasi peningkatan ruas jalan Cilumuh – Karangreja dan ruas jalan Cimanggu – Karang Tengah di Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu.

          Sesuai dengan struktur APBD Kabupaten Cilacap tahun 2022, pendapatan Rp3,3 triliun dengan rincian PAD Rp.742 miliar, pendapatan transfer Rp2,5 triliun, dan lain-lain pendapatan yang sah Rp29 miliar.

Taufik Nurhidayat, mengarahkan dan menekankan, agar PUPR CIlacap menghitung jalan seluruh Kabupaten Cilacap, agar dihitung ulang perihal anggaran pemeliharaan ruas jalan. Tak terkecuali, ruas jalan Cilumuh – Karangreja dan ruas jalan Cimanggu – Karang Tengah. Paling tidak diselesaikan di anggaran definitif tahun 2024, sehingga di anggaran perubahan bisa menutup yang lainnya.

 “ Hitung yang perlu ditingkatkan, hitung yang rusaknya diatas 20%, hitung yang rusaknya dibawah 10%, Kalau sudah perencanaanya jelas, ada anggaran berapa di tahun 2024, sehingga mana dahulu yang ditingkatkan, mana yang hanya perlu ditambah lagi, menunggu tahun depannya lagi.” tegas Taufik

  “ Karena kita buat di 2023, ada Rp.15 milyar pemeliharaan rutin, Rp.7,5 milyar berkala, nanti itu semua dilihat spot utamanya,” jelasnya.

Menurut perhitungan UPT PUPR Cimanggu, pemeliharaan ruas jalan Cilumuh – Karangreja sepanjang kurang lebih 700 meter, yang mengalami kerusakan mencapai lebih 50%, sehingga masuk dalam pemeliharaan berkala.