Cilacap – DPRD Kabupaten Cilacap menggelar refleksi akhir tahun 2022, di ruang lantai I Gedung DPRD Cilacap. Kamis(29-12-2022).

Kegiatan yang menjadi acara rutin DPRD Cilacap, selain untuk menggambarkan kegiatan DPRD Cilacap selama setahun, juga dijadikan ajang silaturahmi antar media pers.

Acara tersebut dibuka oleh Sumaryo selaku Sekretaris DPRD Cilacap. Dihadiri Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, Wakil Ketua DPRD Sindy Syakir, Saiful Musta’in, Purwati, Ketua Bapemperda Arif Junaedi, Ketua Badan Kehormatan Suwito, Wakil Ketua Komisi A (Pemerintahan) Taufik Urrokhman Hidayat, Wakil Ketua Komisi B (Keuanagn) Muniriyanto, Wakil Ketua Komisi C (Pembangunan) Cahyo Sasongko, Ketua Komisi D (Kesejahteraan Rakyat) Didi Yudi Cahyadi, Ketua Fraksi Partai Golkar Nasun, Ketua Partai Gerindra Suyatno, Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra Suheri, Ketua Fraksi Amanat Demokrat Imam Fauzi, Sekretaris Fraksi Partai Nasdem Minto, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Nike Yunita, Andry Leonard Rotty, Ketua Fraksi PPP Romelan, Ketua Fraksi PKS Aris Dermawan dan para awak media (pers).

Tugas pokok dan fungsi DPRD meliputi Budgeting (Anggaran), Legislasi ( Membuat Peraturan) dan Controlling ( Pengawasan).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, menjelaskan kegiatan refleksi akhir tahun ini merupakan cermin untuk para anggota DPRD Kabupaten Cilacap, agar di tahun berikutnya bisa melakukan tugas lebih baik lagi.

“ Setiap tahun diakhir tahun kita mengadakan refleksi terkait dengan tugas pokok dan fungsi DPRD Kabupaten Cilacap selama satu tahun yang sudah kami laksanakan dan selalu mendengarkan apa yang menjadi koreksi dan masukan dari masyarakat Kabupaten Cilacap sesuai dengan tupoksi “ jelasnya

Sindy Syakir bertindak selaku moderator. Sindy menyampaikan rekap hasil Raperda DPRD Cilacap. Raperda Kabupaten Cilacap usul prakarsa Pemerintah Kabupaten Cilacap ada 10 buah, Raperda usul prakarsa DPRD Cilacap ada 3 buah, Raperda yang ditetapkan pada Tahun 2022 ada 13 buah, Raperda yang selesai dibahas 5 buah.

Arif Junaedi, jumlah anggota Bapemperda sebanyak 10 orang. Menegaskan yang disampaikan Sindy Syakir bahwa Bapemperda telah membahas beberapa Raperda, diantaranya Raperda Kawasan Tanpa Rokok yang ditetapkan pada tanggal 14 April 2022 dan Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 yang ditetapkan dalam Paripurna tanggal 25 November 2022.

Suwito, menyebutkan hasil laporan kegiatan Badan Kehormatan (BK) Tahun 2022. Study Komparatif 1 kali, Laporan ke BK Nihil, Penerimaan Study Komparasi 2 kali. Rekapitulasi kehadiran Pimpinan dan Anggota DPRD Cilacap dalam kegiatan rapat-rapat selama tahun 2022 lebih dari 80%. BK memberikan evaluasi terhadap pimpinan dan anggota DPRD didalam melaksanakan kegiatan baik dalam kedisiplinan waktu dan pemakaian pakaian sudah sesuai dengan Tata tertib dan Kode etik.

Taufik Urrokhman Hidayat, menyampaikan laporan kegiatan Komisi A selama Tahun 2022. Mitra kerja Komisi A sebanyak 20 mitra kerja. Rapat kerja sebanyak 21 kali, Peninjauan kerja (PK) sebanyak 80 kali, audiensi 4 kali. Di bidang Administrasi kependudukan (Adminduk) masih banyak persoalan, diantaranya dalam pembuatan KTP, KK, Akta kelahiran, KIA masih membutuhkan waktu yang lama. Untuk tahun 2022, 3 UPT sudah dapat melakukan pelayanan cetak rekam KTP yaitu UPT Majenang, UPT Sidareja dan UPT Kroya.

Muniriyanto, laporan kegiatan Komisi B selama Tahun 2022. Mitra kerja Komisi B sebanyak 9 mitra kerja. Rapat kerja sebanyak 18 kali, Peninjauan kerja (PK) sebanyak 80 kali, audiensi 1kali.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan Komisi B dalam optimalisasi realisasi pendapatan daerah dan dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Diantaranya, melalui upaya meningkatkan kinerja aparat pemungut pajak retribusi dan pengawasan, sehingga mengurangi kebocoran. Melakukan pendataan potensi sumber-sumber penerimaan yang sudah ada maupun penggalian potensi baru. Melakukan evaluasi, monitoring dan pengawasan pajak daerah melalui system electronic-tax online bagi Wajib Pajak Hotel dan Restoran dengan penerapan Taping Box. Sosialisasi secara luas tentang pentingnya membayar PBB tepat waktu agar kesinambungan pembangunan Kabupaten Cilacap tetap berjalan.

Laporan Komisi C yang disampaikan Cahyo Sasongko. Menyebutkan mitra kerja Komisi C ada 6 OPD. Rapat kerja sebanyak 6 kali, 80 kali peninjauan kerja. Beberapa catatan Komisi C pada Dinas PUPR kaitan pengawasan mutu pekerjaan infrastruktur dalam pembangunan, jalan, jembatan dan lainnya. Masih kurang mendapatkan pengawasan dari dinas PUPR..

“ Karena banyak paket pekerjaan menggunakan konsultan pengawas. Penunjukan konsultan tidak asal-asalan harus mempunyai kapasitas, kapabilitas dan tentunya mempunyai kelebihan, “ tegas Cahyo

Cahyo menyinggung soal status beberapa jalan, perlu diusulkan dari jalan desa menjadi jalan kabupaten. Kegiatan tahun 2022 dalam perencanaan belum menganggarkan ruas pekerjaan jalan yang selesai tuntas dalam satu ruas. Termasuk pekerjaan jalan, jembatan dan drainase, yang masih spot-spot. Cahyo mengusulkan ke depan, agar dalam perencanaan pembangunan untuk dianggarkan secara tuntas.

Yang masih menjadi PR Kabupaten Cilacap intinya yang paling krusial adalah pembangunan jalan Kabupaten, ruasnya perlu ditingkatkan.

Didi Yudi Cahyadi, melalui Komisi D selalu menekankan kepada mitra kerja, agar mutu infrastruktur agar lebih baik, mengarahkan agar anggaran yang dikelola mitrakerja, berbasis bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, dan anggaran yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Mitra kerja komisi D, dalam langkah kerjanya harus sesuai dengan regulasi yan sudah ditetapkan bersama.