CILACAP – Pemukulan kentongan oleh Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat menjadi tanda ditutupnya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan, Cilacap pada Kamis (9/6/2022). Sebelumnya, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Azis Lallo telah melakukan penandatanganan naskah dan menyerahkan hasil proyek TMMD kepada Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pasiops Lanal Cilacap Mayor Laut Subandi, unsur Forkopimda, para Pejabat dan Perwakilan OPD, Forkopincam Patimuan, para tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

TMMD yang dimulai pada 11 Mei 2022 ini telah menyelesaikan semua program yang direncanakan dengan tepat waktu. Untuk itu, Komandan Kodim Cilacap dalam sambutannya yang diwakili oleh Abdul Azis menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD kali ini. Ia mengatakan bahwa pola kerja sama lintas sektoral dan koordinasi antara pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur serta sejahtera.

“TMMD merupakan program kerja terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI dan Lembaga Pemerintah yang disinergikan program masing-masing instansi untuk membantu peningkatan percepatan pembangunan di daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terpencil dan daerah perbatasan,” ujar Abdul Azis.

Di hadapan awak media, Bupati Cilacap mendukung penuh kegiatan TMMD ini. Ia mengatakan bahwa tujuan TMMD adalah untuk memeratakan pembangunan, sehingga desa-desa terpencil juga dapat memiliki fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh warganya.

“Inilah prinsip, konsep gotong royong yang sudah hampir hilang. Dengan TMMD ini gotong royong tumbuh kembali dan harus kita lestarikan. Maka dari itu, TMMD bersama POLRI, Pemda, Lanal, termasuk BUMD dan BUMN harus terus ada bersama masyarakat,” katanya. (kominfo)