Cilacap – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Ciamis melaksanakan Studi Komparasi ke DPRD Cilacap dalam rangka Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Tahunan DPRD. Rombongan tersebut berjumlah 11 orang, ketua dan anggota Badan Musyawarah  serta 3 orang dari Sekretariat DPRD Ciamis. Rabu(17/11/2021)

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Ketua Badan Musyawarah DPRD Cilacap, Purwati. Tujuan utama Badan Musyawarah DPRD Ciamis datang yaitu untuk mengetahui Rencana dan Jadwal kegiatan DPRD Cilacap untuk dijadikan acuan dan referensi mereka dalam penyusun jadwal kegiatan DPRD Ciamis.

Purwati menjelaskan bahwa kegiatan DPRD Cilacap dibuat untuk 5 tahun, kemudian dibreakdown menjadi kegiatan tahunan, kemudian dibreakdown lagi menjadi kegiatan bulanan.

“Untuk kegiatan Banmus DPRD Cilacap itu sering kajian, pada saat badan anggaran melakukan kajian atau studi komparasi, banmus pun dijadwalkan untuk ikut keluar, karena anggota banmus dan banggar adalah setengah setengah dari jumlah anggota, maka pimpinan mengambil kebijakan untuk semua anggota pergi mengikuti kajian.” ucap Purwati.

Dalam satu tahun, Komisi DPRD Cilacap memiliki 60 kegiatan, Banmus ada 27 kegiatan, Banggar ada 31 kegiatan, Badan Kehormatan ada 28 kegiatan. Untuk Bapemperda dalam satu tahun ada beberapa Perda yang ditargetkan untuk bisa diparipurnakan dan ditetapkan, sehingga Bapemperda memiliki tugas lebih banyak untuk kajian dan lain sebagainya. Kemudian ada Pansus, ada rapat gabungan komisi, rapat gabungan ketua fraksi dan pimpinan DPRD.

“Selain itu kita juga ada reses, 3 kali reses dalam setahun. Walaupun dalam masa pandemi Covid-19, tentunya masyarakat butuh ketemu dengan anggota DPRD untuk menyerap aspirasinya, dalam reses itulah kesempatan kami DPRD untuk bertemu dengan konstituen secara langsung.” jelas Purwati

Kegiatan lain yang dilakukan DPRD Cilacap antara lain yaitu Sosialisasi Perda dan Bimbingan Teknis. namun DPRD Cilacap sering melakukan kunjungan luar provinsi tanpa mengurangi apa dari tujuannya yaitu seperti mengkaji Perda, melakukan koordinasi, studi komparasi dan lain sebagainya.

Acara diakhiri tukar menukar cinderamata dan foto bersama. (humassetwan).