Cilacap – Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat dampingi Komisi D tinjau lokasi bencana tanah longsor dan tanah bergerak di wilayah RT 3 RW 12 Dusun Cilulu Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap,Jumat(05/11) kemarin. Dalam tinjauan tersebut, Ketua DPRD memberikan bantuan beras 1 ton kemudian dari Dinas Sosial memberikan paket sembako.

Taufik meminta agar warga lebih berhati-hati selama November ini yang menjadi puncak penghujan karena pengaruh La Nina.

“ Fenomena La Nina ini kan puncak curah hujan pada November. Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri, warga tahu dan menjaga diri sendiri,” ujarnya. Dia berharap kedepan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap melakukan kajian menyeluruh. Tujuannya untuk bisa memitigasi sampai dengan memetakan wilayah bencana. Termasuk melakukan upaya pencegahan dini agar menghindari bencana serupa di masa mendatang.

“Kemudian BPBD nanti kedepan lakukan kajian supaya di Kabupaten Cilacap bisa lakukan mitigasi bencana,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Sosial jamin stok bantuan untuk para warga terdampak bencana masih sangat cukup, Termasuk untuk mendukung warga jika harus mengungsi selama 1 bulan atau bahkan lebih.Stok ini berupa bahan makanan seperti beras, mie instan, air mineral, kecap dan sebagaianya. “Pada dasarnya permakanan kami siap,” tegas Kepala Dinas Sosial Cilacap Arida Puji Astuti. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap. Langkah ini untuk mengetahui jumlah warga terdampak sampai dengan pengungsi. Dari data ini, dinas bisa memperkirakan jumlah bantuan untuk memenuhi kebutuhan para pengunsi. “Nanti kita koordinasi dengan BPBD, camat dan kepala desa. Kita perkirakan dan hitung kebutuhannya dan akan kita drooping,” pungkas Arida