Cilacap – Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Akhid Nuryati, SE beserta rombongan Komisi I, II, III dan IV DPRD Kabupaten Kulon disambut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Purwati, S.Pd dan para Ketua Komisi DPRD Cilacap di ruang rapat paripurna lantai I. Jum’at(1/10).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Cilacap, Purwati S.Pd. Ada 4 materi yang dibahas DPRD Kulon Progo mengadakan kunjungan kerja ke DPRD Cilacap, yaitu 1. Kebijakan Program Perikanan Tangkap dan Penanganan Abrasi Pantai, 2. Pengaruh Pertambangan Pasir di sungai terhadap Abrasi Pantai, 3. Perda Bantuan Hukum dan Masyarakat Miskin, 4. Pembangunan Kepemudaan. Dalam rangka meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan.

Untuk membahas materi tersebut DPRD Cilacap juga mengundang dinas – dinas Cilacap yang menangani secara langsung. Hadir dari Bagian Hukum Setda, Disporapar, Dinas Perikanan dan Kelautan serta dari DLH.

Menanggapi tentang materi tentang Perda Kepemudaan, Ketua Komisi A DPRD Cilacap, Patriasmoro menyampaikan bahwa di Kabupaten Cilacap Perda tersebut merupakan Perda Inisiatif DPRD.

“ Kita ingin di Kabupaten Cilacap ini menjadi kabupaten layak pemuda,” jelas Patriasmoro.

Kepala Disporapar, Tri Komara menambahkan informasi data bahwa, di Kabupaten Cilacap memiliki 38 organisasi pemuda.

“ Kegiatan umumnya tiap tahun ada, mulai dari kegiatan pembinaan pemuda ini juga menggunakan dana APBD, pelatihan kewirausahaan pemuda, stretching pemuda pelopor, peringatan Hari Sumpah Pemuda, Gelar Anak Daerah dan Paskibra kita selalu diadakan, termasuk Garda Bercahaya, wisata Cilacap,” ungkap Tri Komara.

Dalam pelaksanaan Perda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin Ka Sub Bag. Bantuan Hukum Setda Cilacap, Supriyadi menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah melakukan perjanjian kerjasama dengan LBH Wahana.

“ Dalam Perbub itu sudah diatur, satu kasus 5 juta rupiah, sampai sekarang belum dirubah. Kemudian tahun 2019 ada 17 kasus, tahun 2020 menjadi 20 kasus, dan tahun 2021 ini menjadi 24 kasus, “ jelas Supriyadi. Acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama. (humassetwan)