CILACAP – Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu. Selain menjadi cerminan semangat gotong royong masyarakat, TMMD menjadi bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Ada satu pesan moral, TNI berangkat dari BKR, berangkat dari rakyat, menunjukkan sampai sekarang dan selamanya masih bersama rakyat. Manunggal. Secara simbolis melalui TMMD, namun pada praktiknya tetap berkomunikasi dengan rakyat”, kata Taufik, Rabu (15/9/2021).

Taufik menjelaskan, banyak manfaat yang diperoleh masyarakat melalui kegiatan TMMD. Antara lain bangunan fisik yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Secara ekonomis, pelaksanaannya sendiri lebih efisien karena dilaksanakan oleh TNI bersama masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Andi Afandi menegaskan bahwa kemanunggalan TNI bersama rakyat tidak hanya sekedar simbolis. Terlebih tantangan pembangunan kedepan semakin banyak, salah satunya mendorong penurunan level PPKM Kabupaten Cilacap dari 3 menjadi 2.

“Tantangan kita bukan semakin ringan tapi semakin banyak, terutama mendorong level PPKM Cilacap dari 3 menjadi 2. Sehingga degup ekonomi dan pembangunan dapat berjalan”, kata Dandim.

Ditambahkan, meski masih dalam masa pandemi, TNI berupaya memberikan stimulus perubahan kepada masyarakat untuk menghadapi tatanan normal baru. “Karena kedepan Covid-19 bukan lagu dalam fase pandemi tapi endemi. Kita dituntut kemandirian, kebersamaan di wilayah untuk membuat barikade kekuatan bersama”, tegas Dandim.(dn/kominfo)