CILACAP – Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral pada Selasa (4/5) di ruang Gadri pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap. Rakor dihadiri oleh Ketua DPRD Cilacap, Taufik Nurhidayat, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Forkopimda Cilacap, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, serta Kepala OPD dan Camat yang mengikuti secara daring.

Bupati Cilacap dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H yaitu menciptakan kondisi aman, stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat yang stabil, peniadaan mudik lebaran, serta pengoptimalan posko Covid-19 sampai tingkat desa.

“Melalui rakor ini saya menyampaikan ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam menghadapi Hari raya Idul fitri 1442 H sehingga masyarakat dapat merayakan hari raya dengan aman dan khidmat walaupun dalam situasi pandemi” kata Bupati.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga menyampaikan agar ASN di Kabupaten Cilacap untuk tidak mudik saat lebaran nanti, Bupati juga memerintahkan agar desa menyediakan tempat isolasi untuk masyarakat yang nekat mudik.

“Ini merupakan komitmen bahwa ASN, TNI, dan POLRI untuk tidak mudik, saya juga memerintahkan kepada desa untuk menyediakan tempat isolasi,” lanjut Bupati.

Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, SH., SIK., M.Si. dalam paparannya menyampaikan bahwa menghadapi Idul Fitri 1442 H  pihaknya telah melaksanakan operasi penyakit masyarakat untuk menciptakan kondisi yang aman selama Ramadhan ini. Selanjutnya sebagai upaya untuk melaksanakan larangan mudik lebaran, Polres Cilacap bersama Pemda beserta TNI akan membentuk posko penyekatan, pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di beberapa titik di Kabupaten Cilacap.

“Polres Cilacap telah melaksanakan oprasi pekat sebagai awal cipta kondisi, untuk menghadapi lebaran kami membentuk beberapa pos pengamanan dan yang terutama adalah pos penyekatan di wilayah perbatasan kabupaten ” papar Kapolres Cilacap.