Cilacap – Rangkaian peringatan hari Jadi ke 165, diantaranya digelarnya Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cilacap. Minggu (21/03). Paripurna ini dilaksanakan secara virtual di ruang rapat lantai II DPRD Cilacap, hadir secara langsung oleh Bupati Cilacap dan Wakil Bupati Cilacap, segenap jajaran Forkopimda, pimpinan DPRD dan anggota DPRD Cilacap, Sekretaris Daerah Cilacap, serta Sekretaris Dewan Cilacap serta para Asisiten Sekretaris Daerah Cilacap. Untuk para OPD Kabupaten Cilacap dan tamu undangan lainnya menyaksikan lewat vicon.

                Rapat Paripurna Istimewa ini dipimpin oleh Sindy Syakir, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap.

Rapat paripurna diawali pembacaan sejarah singkat Kabupaten Cilacap oleh Sekda Cilacap, Farid Maruf, yang dilanjutkan dengan pembacaan Perda Nomor : 6 Tahun 1992 Kabupaten Cilacap tentang penetapan Hari Jadi Cilacap oleh Sekretaris DPRD Cilacap, Sumaryo.

Dalam pidatonya Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamudji menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi ini harus menjadi pendorong dan penyemangat seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Cilacap, untuk terus bekerja dan berkarya dalam membangun dan memajukan Kabupaten Cilacap meski ditengah pandemic Covid-19. Kerja keras dari semua pihak harus terus dilakukan mengingat sampai dengan saat ini kita masih dihadapkan pada bebagai persoalan.

“ Masih cukup tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan. Belum optimalnya kualitas dan ketersediaan infrastruktur wilayah. Untuk mengatasi masalah isu strategis tersebut beberapa kebijakan dan prioritas pembangunan yang akan kita laksanakan khususnya pada tahun 2021 ini. Satu, pembangunan ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemiskinan, dua, pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka memperkuat wilayah pinggiran dan perbatasan, tiga, peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju SDM berdaya saing, empat, pemantapan ketahanan pangan, lima pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, enam, peningkatan keamanan, ketentraman dan perlindungan masyarakat, baik dari gangguan sosial maupun kebencanaan, tujuh, penataan tata kelola pemerintahan, penetapan prioritas tersebut merupakan upaya- upaya untuk mencapai target sasaran pembangunan daerah, “ kata Tatto.

Setelah acara Rapat Paripurna Istemewa selesai dilanjutkan penyerahan Pataka (Panji Lambang Daerah Jala Bhumi Wijaya Kusuma Sakti) dari Waki Ketua DPRD Cilacap, Sindy Syakir kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji. Diakhiri dengan foto bersama.(Ihk)