CILACAP – Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2020 Desa Karangkemiri Kecamatan Jeruklegi, dimulai. Pembukaan dilakukan Bupati Tatto Suwarto Pamuji bersama Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan program pelaksanaan TMMD.

Upacara pembukaan digelar di kantor balai desa setempat, Selasa (2/3/2021). Turut hadir Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Purwati, perwakilan Forkopimda, Camat Jeruklegi, serta Forkopimcam, kepala desa, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan TMMD merupakan wujud sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah dalam upaya membangun negeri. Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk merawat dan melestarikan kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan dalam masyarakat.

“Melalui TMMD kita dapat bersinergi, bahu membahu dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, serta memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme”, jelasnya.

Sasaran kegiatan TMMD Sengkuyung Desa Karangkemiri yakni pengaspalan jalan sepanjang 1.390 x 3 meter, pembangunan 1 unit lapangan voli, dan pembangunan 2 unit MCK. Sedangkan kegiatan non fisik tak banyak dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.

Kegiatan non fisik lebih dioptimalkan pada sosialisasi protokol kesehatan untuk mendukung pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19. Misalnya sosialisasi P4GN dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap, edukasi adaptasi kehidupan baru dari Dinas Kesehatan, pelayanan KB oleh Dinas KB PP PA, pengobatan ternak dari Dinas Pertanian.

Pada kesempatan ini, sejumlah perusahaan juga menyalurkan bantuan kepada pemerintah desa melalui program corporate social responsibility (CSR). Bupati berharap, melalui TMMD kegiatan lintas sektoral dapat dioptimalkan guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan penyelesaian berbagai persoalan lainnya. (dn/kominfo)