logo
  • August 14, 2020
  • Berita
  • Comments Off on DPRD CILACAP GELAR RAPAT PARIPURNA MENDENGARKAN PIDATO PRESIDEN

DPRD CILACAP GELAR RAPAT PARIPURNA MENDENGARKAN PIDATO PRESIDEN

Ciacap – Dewan PErwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilacap menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke – 75 Kemerdekaan RI tahun 2020, Jum’at ( 14/8/2020).

                Rapat digelar secara virtual tetap dengan mengedepankan protocol kesehatan dan dipimpin langsung oleh Taufik Nurhidayat, Ketua DPRD Cilacap serta dihadiri oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman, Forkopimda serta para anggota DPRD Cilacap.

                Dalam pidatonya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan beberapa hal, salah satunya terkait krisis perekonomian dunia. Sebanyak 215 negara tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit pandemic Covid – 19.

                Sebagaimana dalam catatan WHO, sampai pada tanggal 13  Agustus 2020, terdapat 20 juta lebih kasus Covid – 19 di dunia, dengan jumlah kematian sebanyak 737 ribu jiwa.

                Semua Negara, baik Negara miskin, berkembang maupun Negara maju saat ini, sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid – 19.

Menurut Jokowi, krisis perekonomian dunia ini terparah dalam sejarah. Misalnya di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi Negara kita masih plus 2,97%. Tapi di kuartal ke dua, kita minus 5,32%. Negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17%.

                Presiden RI yang ke-7 itu mengatakan, inilah saatnya untuk membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar dan menjalankan strategi besar diberbagai bidang. Missalnya bidang, ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan.

                “ Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pada usia ke-72 tahun Indonesia merdeka ini, kita telah menjadi Negara Upper middle Income Country, 25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia Negara Maju. “ ujarnya.

                Sementara itu Ketua DPRD Cilacap saat ditemui sesudah acara berharap kepada semua stakeholder atau semua yang mengemban amanah rakyat harus intropeksi diri dengan cara meningkatkan yang sudah baik, memperbaiki yang belum baik dan meninggalkan yang tidak baik.

                “ Sesuai peraturan DPRD adalah penyelenggara pemerintahan bersama eksekutif, jadi setiap kata, ucapan dan keputusan mempengaruhi masa depan kabupaten Cilacap, jadi perlu instropeksi untuk mengambil keputusan-keputusan yang sangat penting, ‘ jelasnya.

                Taufik sangat mengapresiasi para anggota dewan periode saat ini, mereka sangat disiplin akan tetapi itu belum cukup untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

                Disamping itu dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Cilacap untuk berperan aktif, karena masa depan Cilacap tidak hanya di DPRD saja akan tetapi membutuhkan peran aktif dari masyarakat.

                “ Dalam membuat Perda perlu adanya masukan yang membangun sehingga produk hukum yang dihasilkan menjadi paying hukum bisa menciptakan rasa keadilan di tengah – tengah masyarakat, ‘ pungkasnya.


%d bloggers like this: