CILACAP – Empat peraturan daerah di tetapkan oleh Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Cilacap, pada Rapat Paripurna yang digelar pada Kamis (18/7) kemarin. Empat Raperda yang di tetapkan yakni tentang Penataan dan Pengendalian Tempat Hiburan dan Rekreasi, Perusahaan Umum Daerah Kawasan Industri, Perusda Cahaya Husada dan Perusda Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap.

Raperda Penataan dan Pengendalian Tempat Hiburan dan Rekreasi ini merupakan raperda inisiatif DPRD Cilacap yang diajukan sejak tahun 2016.

Ketua Panitia Khusus XVI DPRD Cilacap yang membahas tentang Raperda tPenataan dan Pengendalian Tempat Hiburan dan Rekreasi, Ismangil dalam laporannya mengatakan dengan ditetapkannya Perda Penataan dan Pengendalian Tempat hiburan dan Rekreasi ini menjadi payung hukum Pemkab Cilacap dalam menata tempat hiburan dan rekreasi yang menjamur di Cilacap. Penataan dan pengendalian yang diatur mulai dari bentuk, dan kegiatan dari tempat hiburan sehingga tidak mengakibatkan terganggunya tatanan sosial masyarakat.

“Keberadaan tempat hiburan harus diatur, agar menajdi tertib dan tidak menganggu masyarakat. Keberadaannya harus taat dengan aturan, terutama lokasi sesuai dengan RTRW, dan zonasi untuk tata ruang, dan waktu operasional,” ujarnya membacakan pendapat Fraksi Golkar.

Adanya tempat hiburan ini, juga harus bisa memberikan retribusi bagi pemkab Cilacap, sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Cilacap. Selain itu juga memberikan dampak positif kepada masyarakat, secara ekonomi, sosial budaya, lingkungan, maupun ahlak.

Pemkab harus bertindak tegas dengan mencabut izin operasional, apabil ada tempat hiburan yang melakukan pelanggaran. Karena itu pengawasan tidak hanya dilakukan oleh Pemkab saja, tetapi juga oleh masyarakat.

“Setelah melalui pembahasan, baik dinternal pansus, dan studi banding ke Kota Bandung dan Bandung Barat Provinsi Jabar dengan eksekutif, pansus 16 menyetujui susunan Raperda tentang raperda pengendalian tempat hiburan untuk dapat ditetapkan menjadi Perda,” katanya.

Selain itu juga dibacakan Laporan dari Pansus XXIX DPRD Cilacap yang membahas terkait Raperda Perusahaan Umum Daerah Kawasan Industri Cilacap, yang dibacakan oleh Sawino. Laporan dari Pansus XXXIII DPRD Cilacap yang membahas  Raperda Perusda Air Minum Tirta Wijaya, dan Perusda Cahaya Husada, yang dibacakan oleh Harsono.

Seluruh fraksi menyetujui penetapan raperda menjadi Perda. Ditandai dengan disepakatinya berita acara penetapan empat raperda menjadi Perda oleh pimpinan Rapat Paripurna, Mujiono dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.