Cilacap – Kunjungan Kerja Komisi D DPRD Kabupaten Kebumen ke DPRD Kabupaten Cilacap disambut oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Cilacap, Purwanto, ST, Sekretaris Komisi C DPRD Cilacap, Rokhim, S.Sos dan Anggota Komisi A DPRD Cilacap, H. Darimun di ruang rapat paripurna lantai I. Jum’at(2/11/2018).

Rombongan DPRD Kebumen dipimpin oleh Ketua Komisi D DPRD Kebumen, H. Sarimun. DPRD Cilacap mengundang juga SKPD Cilacap yang terkait  yaitu, Bappelitbangda, BPMPT, DPUPR, Disperkimta, Disnakerin, dan KIC.

Mengawali rangkaian acara, penjelasan maksud dan tujuan kunjungan DPRD Kebumen yang disampaikan oleh Ketua Komisi D DPRD Kebumen, H. Sarimun.

“ Terkait dengan Kabupaten Kebumen baru menyusun Raperda ( Rencana Peraturan Daerah – red ) tentang Pembangunan Kawasan Perindustrian, peran serta pemerintah Kabupaten Cilacap seperti apa untuk men- support pelaksanaan kaitannya dengan perindustrian. Yang kedua tentang industri besar, kira-kira pemkab Cilacap mengalokasikan anggaran atau tidak. ” tanya H. Sarimun, Ketua Komisi D DPRD Kebumen.

Pimpinan rapat H. Darimun memberikan gambaran sedikit, bahwa di daerah pesisir pantai Kabupaten Kebumen merupakan tempat yang eksotik dan sangat potensial untuk Kawasan Industri. Sehingga kalau benar- benar dapat dikelola Pemkab Kebumen akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Dari Dinas Ketenagakerjaan Dan Perindustrian Cilacap, Waris menjelaskan,“ Di wilayah Kabupaten Cilacap, dimana kami berusaha untuk menumbuhkan sentra-sentra industry. Jadi didalam pembangunan industri tentu saja tidak langsung menyentuh yang besar, jadi kita fokuskan ketika di suatu daerah itu ada konversi, misalnya disini ada di daerah Sidareja dan Kedungreja itu ada konversi saleh pisang. Maka kita melakukan pembinaan terhadap IKM sesuai dengan konversi yang ada disitu, “ katanya.

“ Jadi embrio-embrio yang sudah ada kita tumbuhkan, kita kembangkan melalui beberapa kegiatan. Ada pelatihan dari APBD Kabupaten, ada juga kami mengoneksikan dengan program – program Kementerian. Dalam waktu dekat kami juga akan mengadakan kegiatan bekerjasama dengan Balai Industri Kementerian, membuat Inkubator Industri di Kabupaten Cilacap untuk sentra batik. “ ungkapnya.

Acara diakhiri dengan saling berjabat tangan dan foto bersama.

( humas setwan )