Wakil Ketua DPRD Cilacap, Barokatul Anam, melantik dan mengambil sumpah H. Supangat Widodo sebagai pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD Cilacap dalam masa bakti 2014-2019, Selasa (3/4).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 170/21 Tahun 2018 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Cilacap. Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu dilantik untuk menggantikan Tietha Ernawati Suwarto, putri pertama Bupati Tatto Suwarto Pamuji, yang mengundurkan diri dari anggota DPRD Cilacap dengan alasan keluarga.

H. Supangat Widodo dilantik menggantikan Tietha karena pada Pemilu Legislatif 2014 dia menjadi calon anggota legislatif (caleg) PAN dari daerah pemilihan dua dengan perolehan suara terbanyak kedua setelah Tietha. Pelantikan dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Adi Saroso.

Rapat paripurna dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Forkompinda, Sekda Farid Maruf dan para pejabat di jajaran Pemkab Cilacap. Selain dihadiri anggota Dewan, rapat paripurna istimewa tersebut juga dihadiri oleh Tietha Ernawati Suwarto. Yang hadir bersama suaminya, Solahudin Aly atau Gus Sholah, Ketua GP Ansor Jateng.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji ketika memberikan sambutan mengatakan, pihaknya berharap kepada Supangat Widodo untuk segera menyesuaikan diri karena sudah banyak tugas-tugas sebagai anggota Dewan yang harus dikerjakan.

Menurut Bupati, selama ini jalinan kerja sama antara eksekutif dan legislatif sudah berjalan dengan baik. Kondisi ini perlu ditingkatkan di masa-masa mendatang karena masih banyak persoalan dan isu-isu strategis yang harus diselesaikan bersama-sama. Isu-isu stretegis yang dihadapi menyangkut kualitas sumber daya manusia (SDM), tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, kolaboratif, demokratis, efisien, efektif dan akuntabel.

Kemudian perekonomian dan inovasi daerah, pengangguran dan kemiskinan, kapasitas fiskal dalam pembangunan daerah, pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam, serta kualitas dan ketersediaan infrastruktur wilayah.

“Untuk menyelesaikan permasalahan dan isu-isu strategis tersebut dibutuhkan komitmen bersama antara eksekutif dan legislatif guna mengatasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Sebab permasalahan tersebut harus dibenahi bersama,” katanya. Supangat Widodo mengatakan, pihaknya di DPRD Cilacap menjadi anggota Komisi D. Setelah dilantik pihaknya akan segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugas di Komisi D yang selama ini dijalani oleh Tietha.