Cilacap –  Pada tema “ Pengelolaan dan Pendapatan BUMD “, Peninjauan Kerja Komisi B di PDAM Kesugihan dihadiri H. Kamaludin ( Ketua Komisi B), Aris Dermawan ( Wakil Ketua Komisi B ), Kasbani, S.Kom.I (Sekretaris Komisi B ), Sawino ( anggota Komisi B), H.Helmi Bustomi, SH.,MM ( Anggota Komisi B ), Sri Satini Al-Nyai, S.Sos ( Anggota Komisi B ), Murtasimah ( Anggota Komisi B ), Khaerul Anam ( Anggota Komisi B ), H.Ismangil, M.Si ( Anggota Komisi B ), dan PDAM Kesugihan dihadiri Daryani, SE ( Dir. Umum ), Endar Budi Sasongko, ST., M.Si ( Dir.Teknik ) beserta jajaran PDAM Kesugihan, serta dihadiri pula dari Bagian Perekonomian. Senin 08 / 01 / 2018.

Rapat Peninjauan Kerja Komisi B dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B, dalam prolog Ketua Komisi B menyampaikan aspiratifnya kepada PDAM Kesugihan karena kerja kerasnya dalam melayani masyarakat Cilacap terkait air bersih, dihimbau agar segala perencanaan dan progressnya jelas. Pada prinsipnya Komisi B DPRD Kabupaten Cilacap senantiasa mendukung eksekutif dalam mengembangkan dan meningkatkan BUMD Cilacap.

Disampaikan Endar Budi Sasongko, ST., M.Si  bahwa di tahun 2018 ini banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat kaitannya untuk mendukung Kapasitas Air Baku Untuk Pelayanan Masyarakat. Di tahun ini akan dipasang pipa jalur khusus dari bendungan gerak Serayu ke pipa Kesugihan, dana itu dari pemerintah pusat Ditjen Air Baku. Rencana pekerjaan ini akan dimulai tahun 2018 sampai 2019. Kemudian dari Satker Jawa Tengah memberi bantuan Jaringan Distribusi Utama ( JDU ) dari Kesugihan sampai Jeruklegi, untuk pelayanan Jeruklegi, Kawunganten sampai ke Sidareja. Kemudian ditahun yg sama juga mendapatkan bantuan saluran baku dari Dirjen Air Baku Citanduy di Desa Kunci Sidareja dan di tahun 2019 nanti akan mendapat bantuan pipa 100 liter kubik dari Cipta Karya, dari rangkaian itu PDAM Cilacap diberi kewenangan untuk membantu sharing yaitu berupa perijinan dan untuk AMDAL.

“ Syukur, Alhamdulillah di tahun yang sama ini PDAM Cilacap sudah memasok kontribusi air bersih ke Pertamina sudah berjalan kurang lebih  kapasitas 100 meter kubik / jam, di tahun ini dibulan April akan dilipatgandakan menjadi 200 meter kubik / jam atau senilai 56, 6 liter / detik “ kata Endar Budi Sasongko, ST., M,Si.

Endar Budi Sasongko, ST.,M,Si menambahkan, “Rangkaian ini sudah kami siapkan karena PDAM Cilacap sudah mengadakan pinjaman Perpres 29, sudah berjalan yaitu pembuatan setler, filter, kapasitas 50 X 2 dan tahun ini akan membangun Recervoir atau CWS untuk membackup kebutuhan tersebut, Insya Allah dukungan semuanya dari DPRD dan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Bapak Bupati dan jajarannya apa yang sudah kita rencanakan dapat berjalan dengan lancar di tahun 2018 ini “. ( IHK )